gambar waduk jatibarang semarang jawa tengah
Semarang

Waduk Jatibarang

Ulasan: 4,3/5 dari 1.300+ ulasan Google
Jam Buka: 05:00-18:00
Nomor Telepon: –
Alamat: Jl. Moch Ihsan, Jatibarang, Kec. Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50222

Pengindolan.com – Waktu liburan sudah di depan mata, tapi bingung mau wisata ke mana? Yuk, ke Waduk Jatibarang saja. Wisata ini menjadi salah satu tempat rekreasi yang populer dan pada pengunjung di Semarang. Pemandangan yang ditawarkan sungguh luar biasa menakjubkan, mulai dari pemandangan waduk hingga pemandangan pendukung di sekitar waduk.

Waduk buatan yang digunakan untuk mengatasi bencana banjir yang sering melanda kota Semarang pada zaman dahulu. Dengan adanya waduk ini, tak hanya dapat mengatasi banjir saja namun juga dapat mengembangkan sektor wisata di daerah sekitarnya.

Lokasi

gambar waduk serbaguna jatibarang gunung pati semarang
Foto by @zonyreza

Waduk Jatibarang berada di antara dua kecamatan dan empat kelurahan, yaitu kecamatan Gunungpati dengan dua kelurahan yaitu Kandri dan Jatirejo. Sedangkan kecamatan lainnya adalah kecamatan Mijen dengan dua kelurahan juga yaitu Kedungpane dan Jatibarang. Kendati demikian, pintu utama untuk memasuki wisata ini berada di Jl. Jatibarang, Desa Kedungpane.

Alamat waduk ini sangat mudah dicari, karena lokasinya tidak begitu jauh dari pusat kota Semarang. Dari pusat kota hanya berjarak sekitar 13 km saja dan bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 40-45 menit dengan berkendara. Untuk mengunjungi wisata ini, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum dengan rute ke Goa Kreo.

Apabila Anda datang menggunakan kendaraan pribadi, rute yang paling mudah dan lumayan dekat yaitu jalur Kalibanteng. Dari jalur Kalibanteng Anda harus memilih jalur ke jalan Abdul Rahman untuk mengantarkan ke kecamatan Gunung Pati, pastikan Anda berada di jalur menuju desa Sadeng.

Setelah itu carilah pintu gerbang atau gapura dengan tulisan “Desa Wisata Kandri” di bagian atasnya. Masuklah ke gapura tersebut dan ikuti petunjuk jalan menuju ke waduk Jatibarang.

Untuk mempermudah, silakan gunakan aplikasi Google Maps. Klik map di bawah ini.

Harga Tiket Masuk (HTM)

gambar harga tiket masuk htm waduk jatibarang gunungpati
Foto by @annaz_achmad

Untuk masuk ke dalam area wisata waduk buatan ini Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Hanya dengan Rp5.500,- saja Anda bisa menikmati keindahan surga tersembunyi di Semarang. Sedangkan untuk harga tiket di akhir pekan biasanya bisa mencapai Rp7.000,- hingga Rp10.000,- per orang.

Namun, jika Anda membawa kendaraan maka perlu membayar jasa parkir sebesar Rp3.000,- saja untuk kendaraan bermotor. Sedangkan untuk kendaraan besar seperti mobil, bus dan kendaraan lainnya harus membayar sebesar Rp5.000,- saja.

Buka Jam Berapa

gambar goa kreo dan waduk jatibarang
Foto by @cheeayuu

Wisata air Jatibarang ini buka setiap hari, pada hari libur nasional sekalipun wisata ini tetap buka. Anda bisa mengunjungi wisata ini mulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Di pagi-pagi buta biasanya para pengunjung datang untuk menyaksikan panorama sunrise yang indah, sedangkan pada sore hari sebelum wisata ditutup pengunjung akan menyaksikan indahnya sunset.

Fasilitas

gambar harga naik perahu di waduk jatibarang
Foto by @semarangpemkot

Sebagai tempat wisata yang telah memiliki jumlah pengunjung ratus ribuan di sepanjang tahun, Waduk Jatibarang dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang yang diperuntukkan untuk para pengunjung. Fasilitas tersebut adalah sebagai berikut.

1. Toilet
Fasilitas ini tentu menjadi hal wajib yang harus ada di tempat wisata. Di wisata alam ini juga disediakan toilet dengan jumlah yang tidak sedikit dan tersebar di banyak tempat. Hal ini tentunya sangat memudahkan para pengunjung yang datang.

2. Lahan parkir
Tidak perlu mengkhawatirkan soal parkir saat berkunjung ke tempat rekreasi ini. Pasalnya, pihak pengelola telah menyediakan lahan parkir yang cukup luas dan cukup untuk menampung kendaraan para pengunjung. Soal keamanan parkir, tentu saja penjagaan ketat dilakukan untuk menjaga kendaraan Anda.

3. Mushola
Tempat wisata ini juga menyediakan mushola untuk para pengunjung yang ingin beribadah saat berkunjung. Tempat ibadah di wisata ini sangat nyaman digunakan dan juga selalu bersih, karena pihak pengelola selalu melaksanakan piket kebersihan secara rutin.

4. Warung Makan
Warung makan juga tersebar di seluruh sudut wisata, tentunya dengan menu makanan yang siap menggoyang lidah Anda. harga yang ditawarkan untuk menu makanan dan minumannya juga tergolong ramah dikantong.

5. Gardu Pandang

gambar gardu pandang bendungan jatibarang semarang
Foto by @iwan_fee

Di wisata ini terdapat fasilitas terbaru yaitu Gardu Pandang dengan tinggi sekitar 12 meter. Gardu ini bisa Anda gunakan untuk melihat seluruh pemandangan DAM Jatibarang dari ketinggian. Dari gardu ini Anda juga bisa mengambil gambar pemandangan sunset atau sunrise yang sempurna.

6. Plaza Pertunjukkan

gambar plaza pertunjukan jatibarang semarang
Foto by @okisukendar.14

Selain gardu pandang, fasilitas paling baru yang hadir untuk menyambut pengunjung yaitu plaza pertunjukkan. Plaza ini juga dilengkapi dengan tribun penonton yang luas dan memadai.

Plaza ini dibangun untuk tempat pentas seni sebagai hiburan bagi pengunjung yang datang. Di Plaza ini Anda dapat menyaksikan berbagai macam kesenian dengan latar belakang pemandangan waduk yang asri dan menakjubkan.

Sejarah Waduk Jatibarang

gambar sejarah waduk jatibarang semarang
Foto by @ariefhelmiahmad

Waduk Jatibarang merupakan waduk buatan yang dibangun dengan tujuan untuk mengatasi banjir. Banjir di kota Semarang Jawa Tengah pada tahun 1973 hingga 1993 merupakan bencana langganan. Maka dari itu pemerintah pada saat itu membangun waduk agar dapat mengurangi debit air pada saat musim hujan. Kedalaman waduk ini sekitar 70 meter dengan luas permukaan berkisar 1,1 KM2.

gambar bendungan jatibarang semarang
Foto by panduanwisata.id

Rencana pembangunan waduk telah ada sejak tahun 1992-1993, yakni berada di sekitar kali Kreo yang menjadi tempat aliran air. Waduk ini akhirnya mulai dibangun sekitar tahun 2009 tepatnya pada tanggal 15 Oktober dan mulai beroperasi pada Mei 2014. Peresmian beroperasinya waduk tersebut dilakukan oleh Bapak Mudjiadi yang kala itu menjabat sebagai Direktur Jenderal Sumber Daya Air.

Kini bendungan tersebut berfungsi sebagai pengendali banjir, penyedia air baku Semarang, konservasi di DAS (Daerah Aliran Sungai) dan juga sebagai salah satu tempat wisata. Tak hanya itu saja, waduk yang menghabiskan dana hingga Rp655 miliar ini juga berfungsi sebagai penunjang Pembangkit Listrik Mikro Hidro di Kabupaten Semarang.

Wisata Waduk Jatibarang

gambar kedalaman waduk jatibarang semarang
Foto by @titiara_salshaf

Apa saja wahana wisata yang bisa dinikmati ketika berkunjung ke Waduk Jatibarang? Banyak sekali wahana wisata yang bisa Anda nikmati di wisata dekat Ungaran ini, tentunya tak hanya pemandangan waduk yang indah saja. Anda bisa menikmati surga-surga dunia lainnya di area wisata waduk ini. beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Surga Para Pemancing

gambar spot mancing dermaga waduk jatibarang
Foto by @wahyu_arisandi

Para pemancing mania pasti sangat senang bisa berkunjung di waduk ini. Pasalnya, waduk ini sudah terkenal dengan spot mancing dermaga yang dianggap sebagai surganya para pemancing. Ikan-ikan yang hidup di sana pun beragam, mulai dari Lele, Nila, Gabus, Bader, Melem, Kakap Putih, Bawal , Graskap dan ikan Patin.

Pihak pengelola juga menyediakan fasilitas spot mancing yang potensial. Anda bisa memilih dengan sesuka hati mau mancing di spot mana saja. Jika masih bingung karena merupakan pengunjung baru, Anda bisa langsung menanyakan terkait spot memancing kepada pihak pengelola atau pihak penyewa perahu.

Namun beberapa pemancing banyak yang memilih memancing di spot yang berada tidak jauh dari Warung Makan Pemancingan, pasalnya sembari memancing mereka dapat dengan leluasa untuk memesan makanan atau minuman.

2. Wisata Perahu

gambar wisata perahu waduk jatibarang sukomakmur semarang
Foto by @silviarsln

Tempat wisata ini telah beroperasi sejak tahun 2015 dan menyediakan berbagai macam wahana, salah satunya adalah wahana perahu. Pihak pengelola menyediakan sebanyak 11 perahu dengan mesin atau biasa disebut dengan speed boat. Selain naik perahu dengan mesin ada juga perahu kayu sejumlah 6 buah dan satu buah jet ski.

gambar asal usul waduk jatibarang gunung pati
Foto by @herry_prasetyo_utama

Dengan menggunakan perahu tersebut Anda bisa berlayar mengarungi waduk dan menikmati pemandangan indahnya. Apabila ingin merasakan nikmatnya berlayar, Anda bisa menyewa salah satu perahu di dermaga seharga Rp100.000,- dengan rute berlayar ke seluruh pelosok waduk.

Jika Anda ingin berhemat bisa memilih paket lain seharga Rp60.000,- dengan rute berlayar separuh dari rute paket sebelumnya. Harga yang ditawarkan sudah termasuk dengan satu orang nahkoda yang siap mengantarkan Anda berlayar. Jangan sampai lewatkan wahana satu ini, karena dengan berlayar Anda bisa menikmati jernihnya air waduk dan biota air di dalamnya.

3. Pulau Kreo

gambar waduk jatibarang goa kreo semarang
Foto by @adi_mrizal

Di tengah-tengah waduk Jatibarang terdapat sebuah pulau kecil yang bernama Pulau Kreo. Di pulau tersebut terdapat satu wisata yang tidak kalah indah yaitu wisata alam Goa Kreo. Menurut cerita gua ini merupakan sebuah petilasan dari salah satu Wali Songo yaitu Sunan Kalijaga.

Di pulau ini Anda bisa berjumpa dengan kera-kera yang konon diberi tugas untuk menjaga goa dan sungai Kreo oleh Sunan Kalijaga. Pasalnya, pulau Kreo juga merupakan kawasan pembiakan 500 ekor kera ekor panjang. Tak hanya itu saja, untuk sampai ke pulau ini Anda harus melewati jembatan yang sangat indah dengan empat buah patung kera di depannya.

4. Bukit Cinta Waduk Jatibarang

gambar bukit cinta waduk jatibarang
Foto by explorewisata.com

Setelah berkeliling ke pulau Kreo, Anda juga wajib menikmati spot indah lainnya yaitu Bukit Cinta. Bukit dengan berbagai macam spot foto menarik ini berada di tepian waduk. Bukit indah satu ini sering dikunjungi oleh para wisatawan karena banyaknya pepohonan rindang yang tumbuh dan menyejukkan.

Tak hanya itu saja, para wisatawan juga memburu spot foto menarik yang ada di wahana ini. Jika ingin menikmati keindahan waduk secara full, bukit Cinta inilah tempat yang tepat karena dari spot ini Anda bisa leluasa menikmati indahnya waduk Jatibarang.

Vlog

Bagi Anda yang belum pernah ke Waduk Serbaguna Jatibarang, silakan tonton videonya di sini sampai selesai ya.

Demikian informasi lengkap tentang Waduk Jatibarang.

Kamu mau ke sini kapan? Sama siapa?

Oh iya, jika ada informasi yang kurang tepat atau ingin bertanya, silakan tulis di komentar ya! Makasih. ^.^

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *