gambar kampung pelangi semarang
Semarang

Kampung Pelangi Semarang

Ulasan: 4,2/5 dari 3.000+ ulasan Google
Jam Buka: Buka 24 jam
Nomor Telepon: –
Alamat: Jalan DR. Sutomo No.89, Randusari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50244

Pengindolan.com – Indahnya bangunan dengan cat warna warni kini bisa dijumpai di Semarang. Tempat ini kini menjadi salah satu wisata populer dengan jumlah pengunjung yang semakin hari semakin meningkat.

Wisata ini dinamakan Kampung Pelangi Semarang dan saat ini sedang menjadi perhatian dunia.

Para wisatawan yang datang pasti kagum dengan suasana kampung ini. Pasalnya, dahulu penampakan kampung ini sangat jauh dari yang sekarang.

Banyak sekali perubahan-perubahan yang terjadi, dan tentunya perubahan tersebut mengarah kepada kebaikan.

Nah, untuk Anda yang masih penasaran tentang Kampung Pelangi, simaklah informasi berikut ini.

Lokasi

gambar alamat kampung pelangi semarang
Foto by @bowobukanboyo

Lokasi Kampung Pelangi ini tidak jauh dari pusat kota dan tidak sulit untuk menemukannya. Tepatnya berada di Jalan Dr. Sutomo, Desa Randusari. Sedangkan untuk sampai di lokasi wisata ini Anda bisa menggunakan berbagai macam kendaraan karena jalan menuju lokasi bukanlah jalan yang sulit dan terjal.

Apabila Anda berangkat dari pusat kota Semarang, pilihlah jalur menuju ke Pasar Bunga Kalisari. Dari pasar ini, silahkan jalan terus hingga Anda menjumpai Tugu Muda. Dari Tugu Muda Anda sudah bisa melihat wisata kampung Pelangi karena letaknya berada di dataran tinggi. Untuk sampai ke lokasi dari Tugu Muda, Anda dapat mengikuti papan penunjuk arah yang telah tersedia.

Untuk mempermudah perjalanan Anda menuju lokasi wisata Kampung Pelangi gunakan pula aplikasi Google Maps. Setelah itu masukkan alamat yang tertera di atas atau ketik “Kampung Pelangi Semarang” di kolom pencarian. Kemudian ikuti instruksi atau arahan yang diberikan oleh aplikasi tersebut hingga sampai ke tempat tujuan.

Harga Tiket Masuk (HTM)

gambar harga tiket masuk htm kampung pelangi semarang
Foto by @irdu_iman

Wisata kekinian yang telah menjadi pusat perhatian dunia ini tergolong ke dalam tempat wisata yang murah meriah dan hemat di kantong. Untuk bisa memasukinya, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp3.000,- saja per orangnya. Dengan membayar tarif tiket masuk yang cukup murah tersebut, Anda sudah bisa berkeliling secara leluasa di tempat wisata ini.

Namun, jika Anda menggunakan kendaraan pribadi maka harus membayar biaya parkir sebesar Rp2.000,- saja. Kalau di jumlah, untuk satu orangnya hanya perlu mengeluarkan biaya sebanyak Rp5.000,- saja agar bisa menikmati indahnya Kampung Pelangi.

Buka Jam Berapa

Kampung Pelangi Semarang tidak memiliki jam buka resmi, namun biasanya pengunjung boleh datang kapan saja setiap harinya. Namun, waktu yang tepat untuk datang ke sini adalah siang hari. Pasalnya di siang hari masih ada cahaya matahari yang bisa membuat hasil pengambilan gambar menjadi bagus dan sempurna.

Akan tetapi jika ingin melihat suasana malam yang indah, Anda juga bisa datang saat malam hari. Pemandangan yang disajikan pada malam hari tentu tidak semuanya bisa terlihat, namun kerlap-kerlip lampu daerah sekitar akan menyambut Anda.

Fasilitas

Fasilitas yang disediakan di tempat wisata ini semakin hari semakin bertambah. Hal ini tentunya bertujuan untuk membuat nyaman para wisatawan yang berkunjung. Berikut ini terdapat beberapa fasilitas yang tersedia di Kampung Pelangi.

1. Lahan Parkir
Fasilitas utama yang perlu ada di suatu tempat wisata adalah lahan parkir. Hal ini menjadi penting karena kebanyakan pengunjung mengendarai kendaraan pribadi untuk sampai di tempat wisata. Kampung Pelangi juga menyediakan lahan parkir yang luas dan mampu menampung kendaraan dalam jumlah banyak, selain itu fasilitas parkir di sini sangat aman.

2. Foodcourt
Baru-baru ini pemerintah kota Semarang meresmikan salah satu fasilitas baru yang ada di Kampung Pelangi yaitu Foodcourt. Fasilitas ini memungkinkan bagi Anda untuk membeli berbagai macam jajanan khas Semarang atau makanan lainnya yang juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

3. Gardu Pandang Kalisari
Selain meresmikan foodcourt, pemerintah juga meresmikan gardu pandang kalisari yang diberi nama Taman Kasmaran. Gardu pandang ini sangat digemari oleh para pengunjung yang datang. Pasalnya di gardu pandang Anda bisa berswafoto dengan latar belakang kampung pelangi yang sangat indah.

4. Toilet Umum
Fasilitas wajib seperti toilet umum juga tersedia di tempat wisata ini. Jumlahnya pun tidak sedikit dan letaknya juga menyebar di berbagai sudut tempat wisata. Hal ini sangat memudahkan para pengunjung, karena tidak perlu mengantri lama-lama dan tidak perlu berjalan jauh untuk mencarinya.

5. Pusat Souvenir
Fasilitas ini tidak hanya bermanfaat untuk para pengunjung yang datang, namun juga bermanfaat untuk warga sekitar yang memiliki keterampilan untuk membuat kerajinan tangan. Karena adanya pusat souvenir para warga sekitar bisa menjajakan hasil kerajinan tangannya, sedangkan para pengunjung bisa membeli souvenir khas Kampung Pelangi untuk oleh-oleh.

6. Mushola
Kampung Pelangi juga menyediakan fasilitas mushola yang bisa Anda gunakan untuk beribadah. Mushola di wisata ini sangat nyaman untuk digunakan, namun karena wisata ini berada di perkampungan maka warga sekitar pun juga menggunakan fasilitas ini untuk beribadah.

Sejarah Kampung Warna Warni Semarang

gambar sejarah kampung pelangi semarang
Foto by hipwee.com

Pada awalnya, pemerintah tidak berniat untuk membuka wisata Kampung Pelangi karena dulunya tempat ini merupakan sebuah pemukiman kumuh. Pemerintah hanya berkeinginan untuk merenovasi jajaran toko bunga yang ada di depan pemukiman ini untuk menarik para wisatawan. Namun setelah proyek renovasi usai, terlihatlah latar belakang pasar bunga yang tidak menarik sama sekali.

Akhirnya, tujuan semula yang ingin menarik para wisatawan proyek perbaikan menjadi lebih luas lagi dan target utamanya adalah pemukiman kumuh tersebut. Sebenarnya permukiman ini merupakan salah satu permukiman ilegal yang digunakan oleh warga setempat. Karena tujuan awal untuk menarik wisatawan tersebutlah yang menjadikan kampung kumuh diubah menjadi Kampung Pelangi.

Renovasi ini berupa pemberian cat warna-warni pada seluruh bangunan rumah, jalan, fasilitas umum hingga hiasan yang ada di kampung ini. Setelah adanya renovasi dan resmi dijadikan tempat wisata, pemerintah daerah setempat memberikan sertifikat resmi kepemilikan lahan kepada sekitar 300 keluarga yang tinggal di kampung tersebut.

Wisata Kampung Pelangi Semarang

Kampung Pelangi Semarang merupakan tempat rekreasi dengan wajah baru yang ada di Indonesia. tempat rekreasi yang berada tepat di Kabupaten Semarang Jawa Tengah ini sempat menjadi perhatian dunia. Pasalnya, dulunya tempat ini merupakan sebuah permukiman kumuh ilegal yang tidak terawat sama sekali.

Namun, setelah direnovasi oleh pemerintah penampilannya menjadi sangat berbeda. Banyak coretan-coretan hasil karya berwarna-warni yang sangat indah. Anda juga bisa mengambil gambar di mural-mural yang ada di dinding rumah warga.

Tempat rekreasi ini sangat indah dan instagramable, sebab setiap sudutnya menyajikan spot foto menarik dan bernilai seni tinggi. Berikut ini terdapat spot foto menarik dan hits yang bisa Anda gunakan sebagai latar belakang swafoto.

1. Jembatan Cinta

gambar jembatan cinta kampung pelangi semarang
Foto by @danusmariki

Spot foto pertama ini merupakan jembatan yang menyambut Anda pertama kali memasuki wisata Kampung Pelangi. Jembatan indah inilah yang menghubungkan jalan raya dengan kawasan wisata, pasalnya diantara jalan raya dan kampung pelangi terdapat aliran sungai.

Sebenarnya banyak sekali jembatan yang ada di wisata kampung pelangi, namun yang paling sering digunakan untuk berfoto adalah jembatan cinta satu ini. Jembatan cinta dihiasi dengan kain warna – warni dan pada bagian samping jembatan terdapat tulisan “Jembatan dan Gembok Cinta”

2. Tembok Wayang

gambar tembok wayang kampung pelangi kota semarang jawa tengah
Foto by tribunnews.com

Tembok wayang merupakan sebuah tembok yang berwarna orange dan di tengahnya terdapat gambar salah satu tokoh wayang. Tembok wayang ini sangat sering digunakan sebagai latar belakang foto, karena selain bagus tembok ini juga menggambarkan suatu hal yang Indonesia banget yaitu wayang.

3. Tembok Cacing

gambar tembok cacing rumah warna warni kota semarang jawa tengah
Foto by tribunnews.com

Pecinta fotografi pasti langsung suka melihat tembok cacing karena gambarnya yang kekinian dan menggambarkan anak muda banget. Dengan berfoto di tembok cacing Anda bisa mengekspresikan banyak gaya dengan gambar cacing yang sedang membuka mulut dan memperlihatkan gigi tajamnya.

4. Sepeda Pelangi

gambar sepeda pelangi kampung warna warni semarang
Foto by @luludheaz

Tak hanya spot foto berupa gambar di dinding saja, kampung ini juga memiliki spot foto dengan properti asli yaitu sebuah sepeda yang berwarna seperti pelangi. Sepeda pelangi ini disandarkan pada sebuah dinding rumah dengan latar belakang jendela berwarna ungu dan kuning. Sepeda pelangi juga bisa Anda gunakan untuk berfoto dengan gaya bersepeda.

5. Tembok Doodle

gambar tembok doodle rumah pelangi kota semarang
Foto by tribunnews.com

Ada juga tembok doodle yang lucu dan menggemaskan. Tembok ini bergambar tokoh kartun abstrak yang sedang menjadi trend di masa sekarang. Karena gambarnya sangat lucu dan menggemaskan, tembok doodle menjadi spot foto paling diminati oleh para pengunjung Kampung Pelangi.

6. Tangga Pelangi

gambar tangga rumah pelangi semarang
Foto by @susy_khouw

Tangga pelangi dengan warna-warni yang indah dan terlihat fun ini juga menjadi salah satu spot foto populer. Meskipun, penampilannya biasa-biasa saja, tangga ini menjadi pusat buruan anak-anak muda pecinta fotografi yang datang ke kampung pelangi.

7. Puncak Pelangi

gambar puncak kampung warna warni semarang
Foto by @kucinglemu

Hal yang paling menarik diantara spot-spot foto yang ada di Kampung Pelangi Semarang, Puncak Pelangi inilah yang menjadi primadonanya. Puncak Pelangi ini berada di titik tertinggi Kampung Pelangi. Untuk sampai ke sini, Anda perlu naik menuju ke atas. Semua rasa lelah saat naik akan terbayar lunas dengan pemandangan yang menyambut Anda.

Vlog

Bagi yang penasaran, seperti apa sih rumah warna warni itu. Silakan tonton videonya di sini sampai selesai ya.

Demikian informasi lengkap tentang Kampung Pelangi Semarang.

Kamu mau ke sini kapan? Sama siapa?

Oh iya, jika ada informasi yang kurang tepat atau ingin bertanya, silakan tulis di komentar ya! Makasih. ^.^

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *