gambar obyek wisata goa kreo semarang
Semarang

Goa Kreo

Ulasan: 4,3/5 dari 5.000+ ulasan Google
Jam buka: 07:00-17:00
Nomor telepon: 0819-1461-8005
Alamat: Jalan Raya Goa Kreo, Kandri, Kec. Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50222

Pengindolan.com – Semarang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang penuh dengan tempat wisata. Wisata-wisata yang tersebar di seluruh Semarang memiliki keunikan masing-masing. Salah satunya adalah wisata Goa Kreo yang sangat terkenal dan menjadi salah satu wisata paling diminati oleh pengunjung.

Goa yang terbentuk dari aktivitas alam ini menyuguhkan pemandangan yang luar biasa memikat dan menimbulkan ketenangan pada diri. Anda bisa menyaksikan indahnya waduk Jatibarang dari goa ini, pasalnya goa ini berada di tengah-tengah waduk tersebut. Tak heran jika wisata ini selalu ramai pengunjung hingga mengakibatkan antrian panjang.

Lokasi

gambar negeri diatas awan goa kreo kota semarang
Foto by @siskaid

Goa eksotis dengan keindahan alami yang memukau ini terletak di daerah Gunungpati, tepatnya berada di Jl. Raya Goa Kreo, Dukuh Talun Kacang, Kandri. Untuk informasi lebih lanjut dan lengkapnya, Anda dapat menghubungi nomor telepon pihak pengelola wisata di (024)8449917.

Lokasi gua ini terletak tidak jauh dari pusat pemerintahan Kota Semarang dengan jarak sekitar 13 Km yang bisa Anda tempuh dengan waktu sekitar 10 menit. Sedangkan, untuk menuju ke tempat rekreasi ini cukup mudah karena akses jalan menuju ke sana tidak sulit untuk dilalui.

Anda dapat menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi jika ingin mengunjungi wisata ini. Apabila Anda berangkat dari pusat kota Semarang Jawa Tengah ambilah jalur Kalibanteng lalu menuju Jalan Abdul Rahman Saleh. Kemudian ikuti jalan tersebut hingga menuju daerah Gunung Pati, jika sudah memasuki daerah tersebut pastikan Anda berada di desa Sendeng.

Dari desa Sendeng, lanjutkan perjalanan menuju objek wisata Kandri. Wisata Goa Kreo berada tidak jauh dari wisata Kandri. Anda juga bisa menggunakan aplikasi Google Maps dengan memasukkan alamat wisata yang telah disebutkan di atas pada kolom pencarian. Setelah itu ikuti arahan dari aplikasi tersebut hingga sampai ke tempat tujuan.

Silakan klik map di bawah ini.

Selain itu, Anda juga bisa naik BRT untuk mengunjungi wisata ini. Dengan menggunakan kendaraan umum ini Anda bisa berangkat dari 7 koridor yang telah disiapkan oleh pemerintah Kota Semarang. Perjalanannya pun cukup menyenangkan dan lebih cepat daripada menggunakan kendaraan lainnya, pasalnya terdapat jalur khusus untuk BRT.

Harga Tiket Masuk (HTM)

Harga tiket untuk memasuki tempat wisata ini tidak akan menguras kantong atau membuat tipis dompet Anda. Pasalnya, Anda hanya perlu membayar Rp5.500,- saja untuk satu orangnya pada hari biasa. Sedangkan jika Anda datang pada akhir pekan, maka akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp10.000,- per orang.

Namun, dengan membayar Rp5.500,- di hari biasa dan Rp10.000,- di akhir pekan Anda sudah bisa menikmati setiap sudut wisata ini secara bebas tanpa harus membayar biaya tambahan lagi. Sementara itu, untuk biaya parkir di wisata ini juga tidak terlalu mahal. Untuk kendaraan roda dua hanya dikenakan biaya parkir Rp3.000,-, sedangkan untuk kendaraan roda empat Rp5.000,- saja.

Buka Jam Berapa

Para pengunjung yang hendak berwisata ke Goa Kreo bisa datang dari pagi hingga sore hari. Pasalnya, wisata ini buka mulai dari jam 07.00 WIB dan tutup pada jam 17.00 WIB. Anda bisa datang di hari apa saja, karena wisata ini buka setiap hari bahkan di hari libur nasional sekalipun.

Fasilitas

1. Gazebo
Fasilitas ini tersebar di beberapa sudut wisata ini dan dapat digunakan untuk melepas penat setelah berkeliling. Tak hanya itu, bentuk gazebo yang menarik juga bisa Anda gunakan sebagai latar belakang swafoto.

2. Panggung hiburan
Panggung hiburan juga disediakan oleh pihak pengelola dan jika datang di waktu yang tepat Anda bisa menyaksikan pagelaran hiburan di panggung tersebut. Biasanya pihak pengelola mengadakan acara semacam pensi di saat hari libur nasional atau hari-hari besar lainnya.

3. Rumah makan khas Semarang
Wisata ini menjadi salah satu tempat rekreasi paket lengkap di Semarang. Pasalnya, Anda tidak perlu mencari tempat makan yang menyajikan makanan khas daerah Semarang di luar tempat wisata. Pihak pengelola juga menyediakan fasilitas Rumah Makan Khas Semarang dengan berbagai makanan yang menggugah selera.

4. Toilet
Fasilitas berupa toilet umum juga menjadi fasilitas wajib yang harus ada di tempat wisata. Begitu juga di wisata Goa Kreo, toilet dengan jumlah yang memadai tersebar di setiap sudut wisata. Sehingga para pengunjung dapat dengan mudah untuk menemukannya.

5. Lahan Parkir
Lahan parkir juga tersedia di wisata ini, cukup luas namun pada akhir pekan biasanya sulit untuk mencari lahan yang kosong karena banyaknya jumlah pengunjung yang datang. Akan tetapi untuk masalah keamanan parkir Anda tidak perlu khawatir, karena pengelola wisata memberikan penjagaan yang ketat.

5. Spot foto

gambar spot foto goa kreo semarang
Foto by @vicdy_

Di tempat rekreasi ini juga terdapat berbagai macam spot foto yang menarik dan bagus untuk dijadikan latar belakang swafoto Anda. Salah satunya adalah spot Negeri di atas Awan yang menampilkan waduk Jatibarang sebagai latar belakangnya. Fasilitas ini merupakan salah satu fasilitas terbaru yang paling diminati oleh para pengunjung.

Sejarah Goa Kreo

gambar goa kreo dan waduk jatibarang semarang
Foto by @lianasofiani

Goa yang berada di satu kawasan dengan Waduk Jatibarang Semarang ini memiliki sejarah yang berkaitan dengan perjuangan para wali melakukan syiar di pulau Jawa. Legenda Goa Kreo dimulai dari para wali datang ke Kerajaan Demak yang saat itu dipimpin oleh Raden Patah. Saat itu Raden Patah sedang menjalankan misi membangun masjid di kawasan Glagah Wangi.

Para wali melakukan musyawarah hingga mencapai mufakat yakni tugas mencari kayu jati untuk soko guru tiang penyangga atap masjid diberikan kepada Sunan Ampel, Sunan Kalijaga, Sunan Gunung Jati dan Sunan Bonang. Sedangkan yang bertugas mencari kayu jati ke arah selatan adalah Sunan Kalijaga.

Sunan Kalijaga pun mengajak para santri pengikutnya ke arah Selatan. Pencarian Sang Sunan pun akhirnya memperoleh titik terang dengan ditemukannya pohon jati di kawasan hutan. Akan tetapi, tak disangka bahwa ketika para Santri mendekati, pohon tersebut dapat bergerak dan berpindah tempat. Hal tersebutlah yang menjadikan tempat ditemukannya pohon jati bergerak dinamakan Jatingaleh.

Perjuangan Sunan Kalijaga dan para santri tidak sampai di situ saja. Perjalanan tetap dilakukan untuk mencari kayu jati dan dapat membawanya ke Demak dengan selamat. Namun, ditengah perjalanan pulang Sunan Kalijaga dan para santri mendapatkan halangan yakni kayu yang dibawanya tidak bisa melewati belokan tajam di sungai.

Sunan Kalijaga pun melakukan segala upaya agar kayu tersebut dapat melewati belokan tajam tersebut, tetapi apa daya seluruh upaya yang dilakukan gagal. Sehingga Sang Sunan dan para santri memutuskan untuk beristirahat di sebuah goa yang ada di atas bukit. Di dalam goa Sang Sunan hendak melaksanakan selamatan sehingga perlu menyiapkan makanan.

Namun, ketika telah usai makan bersama tiba-tiba saja muncul kera berwarna-warni yang jumlahnya ada empat. Keempat kera tersebut berwarna merah, putih, kuning dan hitam yang muncul untuk membantu membawa kayu jati yang akan digunakan sebagai kayu penyangga atap masjid ke Demak.

Kendati demikian, Sunan Kalijaga tidak mengizinkan para kera untuk ikut ke Demak. Para kera justru disuruh untuk menjaga goa dan sungai yang ada di tempat tersebut dan mereka pun mengikuti perintah tersebut. Cerita inilah yang beredar di kalangan masyarakat tentang asal usul Goa Kreo yang kini menjadi tempat wisata. Arti nama goa ini adalah Goa yang dijaga.

Obyek Wisata Goa Kreo

Salah satu wisata yang populer di daerah Semarang bernama Goa Kreo, goa ini terbuat secara alami. Inilah yang membedakan goa ini dengan goa-goa lainnya yang ada di Semarang dan daerah lain. Uniknya, letak goa ini berada di tengah-tengah waduk Jatibarang. Dan waduk tersebut berfungsi sebagai bendungan yang membendung sungai Kreo.

Wisata alam ini juga memiliki daya tarik yang luar biasa, hal inilah yang membuat wisata ini tak pernah surut pengunjung. Daya tarik utamanya tentu saja legenda goa itu sendiri yang berkisah tentang perjuangan Sunan Kalijaga untuk mencari kayu jati. Namun, tak hanya itu saja goa ini juga memiliki daya tarik lain sebagai berikut.

1. Jembatan yang Indah

gambar legenda goa kreo gunung pati semarang
Foto by @adi_mrizal

Karena goa ini terletak di tengah-tengah waduk, maka untuk pergi ke lokasinya Anda harus melewati jembatan. Jembatan yang menghubungkan daratan pinggir waduk dengan lokasi Goa ini merupakan jembatan yang indah.

Terdapat beberapa patung yang berbentuk menyerupai kera di jembatan ini. Seringkali para pengunjung menyempatkan diri untuk berfoto atau mengambil gambar jembatan yang indah ini.

2. Sunset Indah Menjelang Malam

gambar goa kreo dan waduk jatibarang
Foto by @herry_prasetyo_utama

Anda juga bisa menikmati pemandangan indah saat matahari tenggelam di ufuk barat. Pantulan sinar yang mulai meredup terlihat di atas air waduk Jatibarang sehingga membuat suasana menjadi hangat. Biasanya para pengunjung menikmati pemandangan indah ini dari atas jembatan lengkung berwarna merah yang menghubungkan daratan dengan lokasi goa.

3. Berfoto dengan Pakaian Khas Korea

gambar harga tiket masuk htm goa kreo
Foto by @bek_win

Saat berkunjung ke wisata ini Anda akan disuguhkan spot foto menarik dan unik, salah satunya adalah spot ala korea. Para pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang bunga sakura berwarna merah mudah yang sangat cantik. Tak hanya itu saja, untuk menambah kesan asli Koreanya Anda bisa menyewa pakaian tradisional Korea di wisata ini.

4. Pemandangan Waduk dan Bukit

gambar sejarah goa kreo semarang jawa tengah
Foto by @titiara_salshaf

Wisata alam berupa goa ini tidak hanya menampilkan keindahan goanya saja, tetapi juga menampilkan pemandangan eksotis yakni hamparan waduk yang luas dan bukit-bukit yang mengelilinginya. Apalagi dengan pohon-pohon yang tumbuh rindang di sekitar waduk dan perbukitan, menambah kesan menyegarkan saat berada di sini.

5. Rumah Eskimo

gambar wisata goa kreo semarang
Foto by @putri_diany

Tak hanya spot foto ala Korea saja yang ada di tempat rekreasi ini, Anda juga bisa menemukan spot indah dengan salju buatan dan rumah eskimo seperti yang ada di kutub utara. Setelah berfoto di depan pohon sakura langsung foto di depan rumah eskimo kutub utara. Wah rasanya seperti sedang keliling dunia.

Vlog

Bagi yang belum pernah ke Goa Kreo, silakan tonton videonya di sini sampai selesai ya.

Demikian informasi tentang Goa Kreo.

Kamu mau ke sini kapan? Sama siapa?

Oh iya, jika ada informasi yang kurang tepat atau ingin bertanya, silakan tulis di komentar ya! Makasih. ^.^

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *